Verifikasi STOP Buang Air Besar Sembarangan OPEN DEFECATION FREE (ODF) Desa Karang Tengah



Bengkulu Tengah RI News-Pada hari kamis tanggal 17 September 2020 Tim Verifikasi Desa karang tengah Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Kecamatan Taba Penanjung melaksanakan Verifikasi di Desa Karang Tengah. Pelaksanaan Verifikasi turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Camat Taba Penanjung Bapak Sofian ansori, Kepala Puskesmas Sukarami, kasi pemerintah arpan, kanit babinkamtibmas sek Taba Penanjung bapak L.Sinatopang, babinsa bapak Ferry,Rele PSM,hartana. kader sukarami,kader lubuk sini, staf PKM taba teret, Dinas kesehatan dheo wahyu setya B, Sekretaris Desa dan Ketua BPD dan semua komponen perangkat desa tetangga.



Pelaksanaan verifikasi diawali dengan briefing oleh Camat taba penanjung dan kepala desa karang tengah, dilanjutkan dengan memgunjungi langsung setiap rumah-rumah warga yang ada di Desa karang tengah untuk melihat secara langsung ketersediaan jamban sehat keluarga serta melakukan wawancara singkat dalam pengisian quessioner yang telah disipkan oleh Verifikator. Proses verifikasi ini perlu dilakukan untuk mastikan terjadinya perubahan perilaku masyarakat di Desa Karang tengah dan memastikan bahwa seluruh masyarakat telah terakses dengan Jamban sehat serta berprilaku hidup bersih dan sehat.


Setelah seluruh rumah diverifikasi, Tim Melakukan rekapitulasi atas hasil pemeriksaan dan menyimpulkan bahwa Seluruh Tim Verifikasi sepakat bahwa masyarakat  Desa Karang Tengah telah berperilaku hidup bersih dan sehat dengan terakses jamban seluruhnyaseluruhnya


Maka tanggal 17 September 2020 pukul 10.31 WIB Tim sepakat bahwa Desa Karang Tengah Kecamatan Taba Pananjung Dinyatakan Lolos Verifikasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan ( ODF 100 %) dan menempelkan Stiker Stop Buang Air Besar Sembarangan  disetiap rumah-rumah.

Dengan terlaksananya verifikasi Stop BABS di Desa Karang Tengah ini bisa menjadikan contoh serta sebagai pemicu dan motifasi kepada desa-desa lain untuk dapat bergerak cepat menuntaskan masalah ketersediaan jamban sehat keluarga dalam mencapai Kabupaten Bengkulu Tengah.

*Camat Taba penanjung bapak sofian ansori Memberi apresiasi dan bangga dengan Desa Karang Tengah yang Terverifikasi STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN*


Jurnalis : Dwiky Richardi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.