Desa Pauh Menjadi Tuan Rumah Sekolah Lapang Petani Gambut



Muratara RI News- Sekolah Lapang Petani Gambut (SLPG) yang dibina Badan Restorasi Gambut (BRG) digelar di Desa Pauh, Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumsel, pada Selasa (11/08/20). Acara pembukaan SLPG dipusatkan di kantor Desa Pauh.


Sekolah Lapang Petani Gambut mengajarkan para petani mengembangkan pertanian alami dengan teknik tanpa bakar.


Pelatihan awal dalam rangkaian Sekolah Lapang Petani Gambut, Para petani mendapat materi terkait konsep dasar ekosistem gambut, teknik fasilitasi kelompok tani, hingga praktek langsung pembuatan pupuk organik, pembenah tanah dan pestisida alami dan
Tidak lupa diberikan materi pengenalan pemasaran.


Dalam acara pembukaan di Desa Pauh Camat Rawas Ilir, menyampaikan terima kasih karena dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Sekolah Lapang Petani Gambut .

Ia percaya model sekolah ini akan sangat bermanfaat bagi petani gambut khususnya agar lahan-lahan gambut yang terlantar selama ini bisa memberi nilai tambah bagi kesejahteraan petani. Kedepan petani sudah tahu cara mengelola gambut tanpa bakar.


Kepala Desa Pauh Aziz Samsul, juga menyampaikan hal senada. Mayoritas lahan Desa Pauh adalah bergambut dan petani perlu terus mendapat asupan pengetahuan cara mengelola lahan gambut agar berlahan-lahan bisa mengubah cara pandang dengan melihat praktik nyata dari kebun percontohan yang sudah dibuat.



Jurnalis
Rinof

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.