Peresmian Desa Tangkal Covid-19 Yang Pertama Di Kabupaten Muratara


Muratara RI News - Desa Rantau kadam, Kecamatan karang dapo menjadi kampung tangkal covid-19 pertama di kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) yang di resmikan pada tanggal (2/6/2020). Bupati Syarif Hidayat menargetkan, seluruh desa muratara nantinya menjadi kampung tangkal covid-19. "Ini desa percontohan pertama, nanti akan di ikuti desa-desa yang lain, targer seluruh desa di muratara mejadi kampung tangkal covid-19," Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0406 MLM Letkol Inf  M A'an Setiawa, Kapolres Muratara AKBP Adhi Witanto Sekda Murata Alwi Roham, Kepala OPD, TP PKK Lia Mustika Syarif Muratara dan masyarakat setempat.


"Kampung tangkal yang di maksud yaitu warga mampu secara mandiri di lakukan gotong-royong memutuskan penyebaran Covid-19. Selain dalam hal pencegahan covid-19, warga di desa tersebut juga mampu dampak sosial ekonomi akibat pandemi. Artinya, pertumbuhan ekonomi di desa tersebut tetap jalan. Namun, masyarakat harus tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19. H.M Syarif Hidayat menargetkan, tujuan dari kampung tangkal ini untuk memotivasi masyarakat dalam rangka menangani wabah Covid-19. Pihaknya memilih Desa Rantau Kadam sebagai desa percontohan pertama karena berbagai pertimbangan dan penilaian beberapa pihak. "Semacam kreativitas masyarakat. Para pemudanya juga cukup aktif membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.


Pembentukan Kampung Tangkal covid-19 menurut H.M Syarif Hidayat, sebagai langkah  untuk memasuki fase new normal life atau hidup normal gaya baru. "Memang saat ini kabupaten kita belum masuk dalam rekomendasi untuk new normal, tapi kita akan bertahap. Caranya ya salah satunya dengan program ini, kepala Desa Rantau Kadam, Muhtadin mengatakan, desa di pimpinnya sudah siap menjadi desa percontohan pertama sebagai kampung tangkal covid-19. Di tengah pandemi Covid-19, aktifitas ekonomi di desanya tetap berjalan, namun pencegahan dan penyebaran Covid-19 juga di galakkan.



Untuk memastikan desanya tidak terpapar Covid-19, pihaknya telah melakukan beberapa langkah penerapan protokol kesehatan mulai dari masuk desa. Setiap orang atau kendaraan yang akan memasuki Desa Rantau Kadam akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Dalam acara peresmian Rantau Kadam sebagai kampung tangkal covid-19, Pemkab muratar memberikan sejumlah bantuan. Seperti bahan pokok, bibit tanaman sayur-sayuran, bibit ikan dan  untuk di manfaatkan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Di tambah lagi oleh ketua TP PKK Lia Mustika Syarif, mengecek langsung perlengkapan cuci tangan sekaligus memberikan disinfektan alami yang di buat langsung oleh PKK Kabupaten Musi Rawas Utara. Selain itu, secara simbolis Bupati, Dandim 0406 dari Kapolres Muratara turut serta membuka lahan baru agar masyarakat bisa lebih produktif bercocok tanam.



Jurnalis
Popi kasturi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.