111 KK Desa Lemeu Pit Terima BLT-DD Tahap 1


Lebong RI NEWS-Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan atas Permendes PDTT nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunanan dana desa tahun 2020, maka menjadi dasar juridis dan implementatif bantuan langsung tunai dana desa. Tahun ini dana desa diprioritaskan untuk pencegahan wabah virus corona serta dampak dari virus corona terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, maka dari itu pemerintah desa wajib menganggarkan dan melaksanakan penyaluran BLT-DD.


Bertempat di kantor desa lemeu pit, selasa 2 juni 2020 pemerintah desa lemeu pit kecamatan lebong sakti kabupaten lebong provinsi bengkulu, salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa(BLT-DD) tahap pertama kepada 111 KK.


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh bapak Beni Paryanto selaku kepala desa, dihadiri camat lebong sakti, babinsa, babinkamtibmas, TA kabupaten, pendamping desa, BPD, pemerintah desa serta relawan covid-19.


Sebanyak 111 KK yang menerima bantuan langsung tunai dana desa, datanya sesuai dengan hasil dari musyawarah desa khusus finalisasi dan validasi penerima BLT-DD , yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, sesuai dengan permendes bantuan ini senilai Rp.600.000 selama 3 bulan terhitung mulai dari bulai april sampai juni, dan untuk 3 bulan selanjutnya senilai Rp.300.000 yakni untuk bulan juli sampai september.


Saat diwawancarai tim Media Revolusi Indonesia Beni Paryanto menyampaikan, kita salurkan secara langsung tunai kepada 111 KK penerima manfaat, untuk memastikan terlaksananya protokol kesehatan dan maklumat kapolri, kita bagikan perdusun yakni dimulai dari dusun 1 sebanyak 34 KK, setelah selesai kita lanjutkan ke dusun 2 sebanyak 36 KK dan terakhir dusun 3 sebanyak 41 KK. Hal ini agar tidak terjadinya kerumunan dan masyarakat tetap dapat menjaga jarak, adapun penerima manfaat yang tidak bisa hadir dikantor desa, dikarenakan faktor usia dan kesehatan, dengan didampingi babinkamtibmas, TA kabupaten, pendamping desa, bpd serta tim relawan, kita serahkan langsung kerumah-rumah mereka.

beliau juga menghimbau untuk seluruh penerima manfaat, agar bantuan ini dipergunakan dengan sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari-hari. Kita ketahui bersama dampak dari virus corona ini sangat-sangat mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi dan kesejahtetaan masyarakat desa, maka dari itu gunakanlah dengan sebaik mungkin "tegasnya".

Selaku camat lebong sakti Hj.Gusmawati,SH.MH dalam sambutan sekaligus arahannya menyampaikan, semoga dengan adanya bantuan langsung tunai yang dianggarkan melalui dana desa ini, dapat mengurangi beban masyarakat dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.Jangan sampai uangnya disalah gunakan, mengingat dampak dari virus corona ini sangat-sangat mempengaruhi terutama perekonomian masyarakat.Pemerintah desa sudah bagikan masker, jadi tolong apabila beraktivitas di luar rumah maskernya di gunakan, tetap patuhi protokol kesehatan dan maklumat kapolri.Semoga pandemi virus corona ini cepat berlalu, sehingga kita semua dapat beraktivitas normal seperti biasanya.

Syukur alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dan maklumat kapolri.

( Fikri )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.