Tahun Ini Dana BOS Langsung Ke Sekolah



RI NEWS - Skema penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), mulai tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dana dari Kementerian Keuangan (kemenkeu) akan langsung ditransfer ke rekening sekolah tanpa harus melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD).
Ir.Harris Iskandar,Ph.D. Plt Direktur Jenderal anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah, Kemendikbud menegaskan mekanisme baru ini segera disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dalam waktu dekat."Mulai tahun anggaran ini (diterapkan).Nanti ada edarannya, langsung ke sekolah-sekolah,"ujarnya.

Sementara Pemerintah daerah (Pemda) yang selama ini menjadi tangan kedua penyaluran dana BOS, kini bertugas memonitor kinerja sekolah saja.

Sekretaris Jendral Kemendikbud  Prof.Ainun Na'im,Ph.D. juga mengungkapkan, mulai tahun ini penyaluran program bantuan operasional sekolah akan langsung disalurkan dari pemerintah pusat ke sekolah.Langkah ini dinilai lebih efektif karena dana akan langsung sampai ke pihak yang berkepentingan.

Sedangkan terkait pengawasan dalam pengelolaan dana BOS kedepannya, ia  mengatakan sudah ada perangkat-perangkat yang bertugas untuk mengawasi"tegasnya",Prof.Ainun Na'im.Ph.D. (net)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.