Team TPID Kecamatan Pendopo Barat Cepturing Kedesa Muara Lintang Lama

Empat  Lawang RI News - Rabu 4 Desember 2019 team TPID kunjungi desa Muara Lintang Lama team ini diketuai oleh  bapak Azwan, bendahara Anila, anggota Redo, Nandosari dan Lilizaha.

kedatangan team TPID ini disambut baik oleh kepala desa muara lintang lama bapak Samsul Wijaya, SE dan masyarakat desa Muara Lntang Lama.
Masyarakat  desa Muara Lintang Lama mengenalkan sebuah adat lama yang sangat dikenal oleh  masyarakat kabupaten  Empat  Lawang Yaitu  tari  adat  sambut  pengantin yang lebih  akrab lagi dikenal arak arakan sambut pengantin.

Kepala desa Muara Lintang lama bapak Samsul Wijaya, SE Yang akrab panggilan akor berharap semoga budaya lama ini tetap abadi bisa dilestarikan sampai anak cucu kita kelak.
Bapak Samsul Wijaya, SE bertekat mengembangkan, menjaga budaya ini agar tidak hilang ditelan zaman, sekarang masyarakat desa Muara Lintang Lama telah membuat group Arak-arakan ini yang diberi nama sampurna tetapi grup arak-arakan ini masih menggunakan peralatan seadanya, harapan bapak kepala desa berserta masyarakat desa Muara Lintang  Lama semoga di tahun 2020 ini group ini bisa dikembangkan lagi, dengan bantuan dana desa untuk membeli peralatan yang di butuhkan
Pemanfaatan dana desa yang lebih berkualitas melalui berbagai Kegiatan pembangunan dan pemberdayaan  masyarakat desa.

Sebagaimana kita pahami bahwa salah satu tahapan-tahapan dalam pelaksanaan program inovasi desa yaitu capturing.

Dengan proses pendokumentasian atas pengetahuan dan pengalaman desa dalam pemanfaatan dana desa yang inovatif agar dapat disebarkan ke desa lainnya Untuk direplikasi kan atau dikembangkan.

Contoh kegiatan inovasi desa dapat dibaca dalam Dokumen Pembelajaran Inovasi Desa.
Dalam proses capturing, setidaknya ada 5 tahapan yang dilakukan yaitu indentifikasi (capturing awal dan penyortiran), verifikasi, capturing lengkap (formatting dan verifikasi lanjutan), packaging dan validasi.
Packaging adalah proses pengemasan dan editing terhadap sebuah video, album foto atau tulisan dari hasil penangkapan inovasi desa yang telah diverifikasi oleh team inovasi kabupaten.

Tujuannya yaitu untuk mendapatkan kualitas packaging yang baik, sehingga pesan-pesan yang disampaikan mudah ditangkap dan pada akhirnya akan memotivasi desa-desa lain untuk melakukan reflikasi inovasi.

Jurnalis

Yopin

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.