Visi Misi Presiden Jokowi LimaTahun ke Depan

 
JAKARTA – Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin akhirnya menjalani prosesi pelantikan sebagai presiden-wakil presiden terpilih periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Minggu (20/10). Dalam pidato selepas pelantikannya, Jokowi menekankan pentingnya jajaran kabinet di pemerintahan mendatang memastikan masyarakat terlayani oleh program-program pemerintah.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya dengan memegang teguh UUD dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan.

Pengumuman Kabinet. Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan wartawan usai pelantikan Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Setelah Jokowi membacakan sumpah jabatan, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin kemudian membacakan sumpah jabatannya. Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Jokowi-Ma'ruf Amin dengan seluruh pimpinan MPR.

Ketua MPR Bambang Soesatyo kemudian menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi dan Ma’ruf Amin yang telah resmi menjadi presiden dan wakil presiden selama lima tahun mendatang.

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai upacara pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Atas nama pimpinan anggota MPR dan seluruh rakyat Indonesia, selamat kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Prof Kiai Haji Ma’ruf Amin yang telah memperoleh kepercayaan rakyat Indonesia," ujar Bambang Soesatyo.
Selepas pelantikan itu, Presiden Jokowi kemudian menyampaikan pidatonya. “Saya sering ingatkan ke para menteri, tugas kita bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas kita adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati hasil pembangunan,” kata Presiden di hadapan para anggota dewan, para pimpinan parpol, presiden dan wakil presiden terdahulu, serta pimpinan dan perwakilan negara-negara sahabat, kemarin.

Sidang Paripurna Pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Maruf Amin Masa Jabatan 2019-2024, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).

Menurut Jokowi, selama ini birokrasi sering kali melaporkan bahwa program yang dirancang sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai.

“Kalau ditanya, jawabnya, ‘Program sudah terlaksana, Pak.’ Tetapi, setelah dicek di lapangan, setelah saya tanya ke rakyat, ternyata masyarakat belum menerima manfaat. Ternyata rakyat belum merasakan hasilnya,” kata Jokowi.(net)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.