Pemdes Bersama Masyarakat Gotong Royong Cegah Stunting dengan Kebersihan


Lebong-RI NEWS - Guna menciptakan sanitasi lingkungan yang baik serta mencegah dan menghindari stunting pada anak. Pemerintah desa bersama seluruh lapisan masyarakat desa Tik Sirong kecamatan Topos kabupaten Lebong provinsi Bengkulu tingkatkan kebersihan lingkungan.
Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan pada jum'at 08 Nov 2019, yakni dengan membersikan drainase, SPAL, dan jalan lingkungan. Sebagai upaya preventif untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah timbulnya berbagai bibit penyakit.
Arpan Dahri selaku kepala desa saat diwawancarai tim Media Revolusi Indonesia menyampaikan, salah satu faktor penyebab stunting pada anak ialah kebersihan lingkungan. Apabila sanitasi lingkungan tidak baik maka dengan mudah berkembangnya bibit-bibit penyakit sehingga mengakibatkan infeksi pada lingkungan. Infeksi lingkungan yang mewabah inilah yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat khususnya ibu hamil dan anak. Kegiatan ini juga salah satu cara pemerintah desa mengajak masyarakat untuk selalu berprilaku hidup sehat,seperti mencuci tangan dengan sabun, prilaku membuang sampah dan pengelolaannya. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus kita laksanakan.
Gotong royong adalah warisan budaya yang perlu dijaga dan dilestarikan. Dengan gotong royong warga bisa saling bertemu dan menyapa, sehingga silaturrahmi baik antar  pemerintah desa dengan warga maupun antar sesama warga desa tik sirong tetap selalu terjaga dengan harmonis. (Fikri)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.