Sedekah Bumi di Desa Samberejo Memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharraom 1441 H / 2019 M.


Rejang Lebong RI News. Desa Samberejo Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Senin pagi, (23/09/2019). Desa yang dipimpin oleh Tutur, dalam Upacara Adat Sedekah Bumi yang dilaksanakan tepatnya di lapangan depan kantor kepala desa Samberejo.

Adapun acara Adat istiadat upaca Sedekah Bumi ini dihadiri oleh wakil Bupati H Iqbal Bastari SPd. MM, anggota DPRD Rejang Lebong Hidayatullah, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Desa Se-kecamatan Selupu Rejang, Toko Agama, Toko Adat, Cerdik, Cendikiawan, Toko Pemuda Pemudi, Staf-staf Pemerintahan dan Masyarakat  desa Samberejo, Babinkamtibmas, Babinsa, Dinas Capil Rejang Lebong, Camat yang diwakili Sekcam beserta anggota.
 ‌Sedekah Bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi, dan di Desa Samberejo ini dilaksanakan upacara rutin setiap tahunnya sebagai bentuk rasa syukur dan kebersamaan, dari zaman nenek moyang dahulu sampai saat ini tradisi ini masi dijalankan. Berbagai hasil bumi hari ini dipamerkan mulai dari buah-buahan, sayuran, Hinga biji-bijian Dan dengan diadakannya sedekah bumi ini masyarakat Samberejo, berharap hasil bumi tahun depannya akan terus meningkat dan dapat mensejahterakan warga Samberejo, dengan hasil yang melimpah ruah.
 ‌hampir 100% warga Desa Samberejo ikut antusias memeriahkan acara sedekah bumi ini, baik dari kalangan tamu pejabat, tamu undangan, pemerintah desa dan segenap panitia muda-mudi, memeriahkan dan bergembira ria dengan hiburan Organ Tungal dan acara Kuda lumping.

Dan tak berhenti di sini saja masi dilanjutkan pada acara puncak yaitu hari senin yang digelarkannya acara pengajian Akbar dan  santunan anak yatim piatu, setelah itu langsung dilanjutkan dengan acara inti yaitu acar sedekah bumi yang langsung di pimpin oleh ketua pelaksana Saipul Amri.

‌Dalam kata sambutan Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd. MM ia terimakasi kepada kepala desa Samberejo yang telah memberinya kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan, dan ini kesekian kalinya upacara sedekah bumi yang dilakukan dan ternyata sedekah bumi yang dilakukan di Samberejo ini bukan semata-mata melakukan ritual tapi banyak rangkaian-rangkaian acara lainnya. Seperti Tabligh Akbar dan itu mengandung makna yang sangat  besar seperti kebersamaan dan saling memberi, untuk itu kami sangat mengharapkan suasana di desa Samberejo ini, damai, akrab dan silahturahminya tetap kuat.

 ‌lanjut, ia mengatakan masalah pasti ada tapi tolong diselesaikan secara silahturahim dengan cara kedewasaan dan kematangan. Warga desa sambejo ini bisa menjadi model/contoh yang bisa dicerminkan ke desa-desa yang lainnya. Ujarnya H Iqbal Bastari

Kepala Desa Samberejo ia juga mengucapkan syukur alhamdulillah tahun ini kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT. Untuk melakukan rutinitas aktif tahunan kita, yaitu memperingati tahun baru Islam yang ke 1441 H/2019 M dan dilanjutkan dengan acara sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur atas hasil bumi yang kita hasilkan dan mengingat adat istiadat yang ditinggalkan oleh para leluhur yang sudah mendahului kita.

Dan ia pun berharap semoga dengan dilakukannya kegiatan rutinitas seperti sedekah bumi yang dilakukan setiap tahunnya, Allah SWT selalu memberikan kita rezeki berupa hasil tani yang subur dan berlimpah ruah dan semoga di tahun yang akan datang, Desa Samberejo dapat menghasilkan hasil bumi yang lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Jelasnya Tutur



Jurnalis : Amir Hamzah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.