Posyandu Kegiatan Bulanan Rutin Desa Padang Bindu Paiker



Empat Lawang RI NEWS- Sabtu 14 September 2019  Anak-anak usia balita dan warga lanjut usia desa Padang Bindu Paiker mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis di posyandu di rumah kediaman bapak Agusman jaya kepala desa Padang Bindu Paiker.

posyandu pusat pelayanan kesehatan secara terpadu untuk anak-anak di bawah usia lima tahun, adapun kegiatan pengukuran tinggi badan dan berat badan, deteksi dini adanya penyakit atau gangguan tumbuh kembang, serta pemberian imunisasi dan gizi tambahan yang dicatat atau dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS),sedangkan untuk orang tua lanjut usia (lansia)mendapatkan pelayanan kesehatan lansia juga memerlukan perhatian dan pelayanan yang khusus dari masyarakat. Orang yang sudah lansia akan mengalami beberapa penurunan fungsi organ tubuh. Mereka akan kembali menjadi seperti anak-anak, sehingga perlu kesabaran saat berhadapan dengan mereka.

Gejala penurunan fungsi organ tubuh yang terjadi pada lansia yaitu rambut beruban karena pigmen rambut berkurang, indra penglihatan mengalami gangguan seperti rabun dekat atau rabun jauh, indra pendengaran mulai berkurang, daya ingat berkurang atau pikun, mudah emosi seperti anak-anak, tidak bisa menahan buang air kecil atau ngompol, tulang dan otot mudah capek dan tidak kuat seperti dulu lagi.
Dengan kondisi kesehatan lansia yang semakin menurun, maka posyandu bulanan rutin desa Padang Bindu Paiker adakan pelayanan kesehatan dan perhatian dari Posyandu Lansia yang dikelola oleh ibu PKK desa Padang Bindu dan petugas dari puskesmas Paiker ini suatu upaya meningkatkan setiap individu dan oleh seluruh komponen bangsa, agar masyarakat dapat menikmati hidup sehat, membuat derajat kesehatan masyarakat yang optimal (pasal 28 H ayat 1 UUD 1945, dan UU No .36 Tahun 2009 tentang Kesehatan). Oleh karena itu, perawatan kesehatan yang holistik dan berkelanjutan menjadi tanggung jawab masyarakat,pemerintah baik itu pemerintah desa, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Jurnalis:Deni

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.