Header Ads

Pelaksanaan Musdes Desa Sukarami Tahun 2020 dan Opname Pembangunan DD Tahun 2019



Rejang Lebong RI NEWS- Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 di Desa Sukarami Kecamatan sukarami Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, dilaksanakanlah musyawarah desa penyusunan Rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Desa Kamis pagi, 25/9/2019 pukul 9:00 WIB di Kantor Desa Sukarami. Musyawarah Desa ini dihadiri oleh Kepala Desa, unsur Perangkat Desa, BPD, PLD, Pendamping kecamatan, Kelompok Masyarakat, Babinsa, Babinkamtibmas serta tim dari Kecamatan Sukarami.

Dalam kata sambutan Koordinator Pendamping Desa ia sedikit menjelaskan tentang MUSDes yang di laksanakan yaitu untuk mencermati RPJMDes apa-apa yang akan dibangun di tahun 2020 mendatang, setelah itu dilanjutkan ke MUSRENBANGDes untuk menetapkan hasil dari MUSDes, dalam MUSRENBANGDes nanti bila tidak terkaper di dalam DD maupun ADD akan di ajukan ke MUSRENBANGCam.
 Ia juga menegaskan untuk setiap aspirasi yang di ajukan, agar mengajukan proposal karena tanpa proposal setiap aspirasi tidak bisa ditindaklanjuti oleh tim pripikasi. Diingatkan bagi usulan yang belum dapat bukan tidak dibangun tapi tertunda, karena yg dilebih dahulu kan yang banyak azas manfaatnya bagi masyarakat.

Dan ia menyampaikan kepada kepala desa beserta perangkat di Kecamatan Bermani Ulu maupun Desa-desa yang lainnya, " setiap ada permasalahan tolong dimusyawarahkan terlebih dahulu di desa, sampaikan kepada kepala desa atau perangkat desanya masing-masing, dan jangan dulu dibicarakan dengan pihak/orang lain dikarenakan yang bisa membantu keluarga dan diri kita adalah orang yang ada didesa kita, belum tentu orang di desa lainnya bisa membantu kita,
 Lanjut, karena " yang bisa memasukkan bola itu ialah pemain bola kalau penonton tidak bisa." Jadi tingkatkan kekeluargaan, kebersamaan, dan kerjasamanya demi terwujudnya desa yang dicintai menjadi tenteram dan damai. Tegasnya Nurdin

Harapan dari kecamatan yang di wakili Ayusri, kepada pemerintah Desa Suka Rami dan semua jajarannya, ketua BPD dan anggotanya, semua elemen masyarakat dan semua stakeholder untuk bersinergi dan bekerjasama, melibatkan semua pihak yang berkompeten untuk mendukung dan mensukseskan semua jenis program kegiatan di desa.

Dan ia juga meneruskan pesan dari Camat Bermani Ulu dalam menjalani program DD maupun ADD agar menjalankannya dengan tenaga dari masyarakat, dan dikerjakan dengan sebaik-baiknya serta selalu berkoordinasi dan kerjasama. Dan ia juga menegaskan jika ada permasalahan agar dibicarakan atau dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan sebaik mungkin." ujarnya

Kepala Desa Suka Rami dalam kata sambutannya ia juga menegaskan "dalam memilih pekerja yang benar-benar inggin bekerja, bagi yang setengah-setengah lebih baik secara bagus-bagus mengundurkan diri, dikarenakan nanti takutnya ada kecemburuan sosial antar pekerja, "tidak perlu banyak bicara, tidak perlu orang pintar dan tidak perlu orang gerot/hebat yang penting siapa pun orangnya ia inggin bekerja."
Serta kepada masyarakat agar jangan segan-segan/sungkan dalam Musdes ini untuk menyampaikan semua aspirasi yang ingin diusulkan, untuk menghindari agar  jangan sampai di belakang nanti berbicara lain.

Serta ia juga menjelaskan sekaligus Opname Pembangunan Jalan lingkungan Desa sepanjang ± 3200 meter dengan kelebaran 5 meter dengan menggunakan Dana Desa (DD) sebesar Rp.403.811.500,-.

Lanjut, ia pun menyampaikan "Mohon maaf dengan kekurangan, yang masih belum maksimal  dan tetap berusaha untuk memperbaiki segala bentuk kekurangan. Itulah kemampuan kami sesuai dengan kemampuan anggaran dan aturan yang ada. Kami selalu mendukung siapun nanti yang terpilih menjadi Kades ke depan, selalu ada musyawarah seperti ini setiap merencanakan kegiatan, dan ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan selama ia menjabat sebagai kepala desa di Desa Sukarami." ujarnya. Risno

Ketua BPD dalam kata sambutannya ia mengatakan bagi yang berwewenang dalam dana desa agar memberikan masukkan atau pendapat baik pembagunan tahun 2019 maupun pembagunan di tahun 2020 nanti, dan ia mengatakan agar dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Serta harapannya bagunlah DD dan ADD dengan baik dan patuhi peraturan-peraturan yg ada.

Hasil Notulen Musyawarah Desa penyusunan RPJMD Desa Suka Rami Tahun 2020, dimana didalamnya terdapat kegiatan:

‌Pengaspalan Jalan 3 Km
‌Gapura Desa
‌Lampu Jalan Desa
‌Pembangunan Jalan Kantor Desa
‌Pembangunan Pagar Kuburan
‌Pembangunan Polindes
‌Mimbar dan Jam masjid
‌Perlengkapan Kantor Desa




Jurnalis : Amir Hz

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.