Pekerjaan dan Penyelesaian Infrastruktur Dana Desa di Desa Suban Ayam


Rejang Lebong RI NEWS-  Setelah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat mensosialisasi prioritas penggunaan dana desa 2019 enam bulan yang lalu di kawasan transmigrasi, ia mengatakan Provinsi Bengkulu masih membutuhkan pembangunan infrastruktur untuk desa-desa pedalaman yang kondisinya masih memprihatinkan.
 Salah satunya Desa Suban Ayam Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong atas usulan masyarakat dan hasil musyawarah bersama yang sudah dilakukan di tahun sebelumnya, dengan dikuncurkannya Dana Desa (DD) tahab pertama di tahun 2019 sesuai mufakat bersama, Desa Suban Ayam yang mempunyai luas wilayah ± 525 hektare dan 748 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk 2.564 jiwa, dengan mayoritas penduduk petani, di tahab pertama fokus membangun Infrastruktur Jalan Lingkungan Warga (JLW) maupun Jalan Usaha Tani (JUT) di desa, demi majunya dan lancarannya transportasi masyarakat Desa Suban Ayam dalam membawa hasil bumi. Senin, (15/7/2019)
 Seperti halnya pembangunan infrastruktur di Desa Suban Ayam yang dalam pelaksanaan pekerjaan berupa jalan rabat beton di dusun III dengan panjang 325x2,5 m³ dan di dusun I yang sudah di selesaikan sepanjang 108x2,5 m³ dengan menggunakan Dana Desa sebesar Rp.204.981.100,- dan dua unit Plat Deuicker Rp.15.164.000,-.

Selain itu, pembangunan yang sudah diselesaikan tahab pertama di Desa Suban Ayam yaitu berupa Tembok Penahan Tanah (TPT) di dusun VI sepanjang 19 meter dengan dana desa Rp.13.158.700,-.
Kepala Desa Suban Ayam ia menegaskan, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur yang ada di desa benar-benar berdasarkan kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Dan ia juga sekaligus menjelaskan pelaksanaan pekerjaan pembangunan di tahab kedua 40% berupa Sistem Penyaluran Air Limbah (SPALD) sepanjang 410 meter dengan dana desa Rp.145.302.100,-, jalan Rabat Beton di dusun III dan IV dengan dana desa Rp.39.808.100,- yang bervolume 141x1 m³ dan Rp.211.495.500,- perehapan jalan Rabat Beton dengan volume 592x2 m³ di dusun I, II, V dan VI.

Lanjut, ia juga mengharapkan kepada masyarakat, " mari bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan, kerjasama yang baik. Dalam artian kami Pemerintah Desa tetap membutuhkan partisipasi, dukungan serta doa nya, dan bersama-sama mengawasi proses pembangunan nya demi terwujudnya Desa Suban Ayam yang maju, aman, dan sejahtera". Tegasnya Ibnu Hajar.


Jurnalis : Amir Hamzah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.