SMK Negeri (3)Palembang Peran seorang Guru ujung tombak pendidikan anak Mediarevolusi 5 days ago pendidikan



Palembang RI NEWS-Indonesia akan menjadi negara maju apabila pendidikannya berkembang dan maju. Demikian dikatakan Dra Hj. Hernawati MM.Kepala Sekolah SMK Negeri (3) yang telah berkontribusi bagi pembangunan pendidikan di Kota Palembang.

Ditemui Awak media dalam rangka kunjungan Sekretaris Dinas Pendidikan  (Ir.H Lukman Anshari MSi.MBa, untuk memantau langsung jalanya (UNBK)SMU Negeri 12 Palembang yang masih menumpang di SMK Negeri 3 Palembang.

menuturkan pengalamannya menjadi seorang pendidik serta bagaimana peran pendidikan dalam kemajuan dan masa depan bangsa. Baginya, pendidikan merupakan salah satu investasi dalam membentuk kualitas sumber daya manusia (SDM) suatu bangsa.


“Di antara sekian banyak agenda pembangunan bangsa, pendidikan merupakan salah satu agenda penting dan strategis, karena keberhasilan pembangunan pendidikan akan memberikan kontribusi bagi kemajuan di bidang pembangunan lainnya,” katanya di saat wawancara dengan awak media di Sekolah Kejuruan Negeri(3) Palembang(4/4/2019).


Dra.Hj.Hernawati MM memulai kariernya menjadi kepala sekolah di SMK Negeri(3) Th 2015 yang lalu, Selama 4 tahun ia  mengabdi serta memberikan motivasi dan bimbingan terhadap guru guru dan siswa siswi untuk jadi yang terbaik.
Sebagai seorang guru, Hernawati menyadari bahwa guru menjadi garda terdepan untuk mewujudkan kemajuan pendidikan di Indonesia. Para pendidik yang ada di depan kelas itulah yang bertanggung jawab atas kualitas pendidikan anak didiknya.

“Guru yang menjadi ujung tombak pendidikan anak-anak. Siapa yang ada di depan kelas, itu yang akan mempengaruhi perkembangan anak didik di masa depan. Oleh karena itulah guru harus menjadi teladan, panutan dan contoh untuk murid-muridnya,” katanya.
Terkait dengan kondisi pendidikan saat ini untuk menjawab tantangan ke depan, HernaWati mengungkapkan, sistem pembelajaran harus bisa mengeksploitasi dan mengembangkan seluruh potensi, baik guru maupun siswa. “Siswa harus difasilitasi oleh sekolah sehingga guru dengan segala potensi dan keterampilannya memberikan bimbingan serta pembelajaran yang menarik agar bisa memanfaatkan dan mengembangkan seluruh potensi siswa,” tuturnya.


Anak-anak zaman sekarang, lanjut HernaWati, harus mendapat pendidikan yang tidak hanya membuat mereka mengetahui, tetapi juga harus diberikan keterampilan untuk menemukan hal-hal baru yang bermanfaat. “Rasa penasaran anak-anak harus difasilitasi dan digali supaya keterampilan ilmiah mereka tumbuh untuk mengetahui lebih banyak lagi hal-hal yang bermanfaat,” katanya.


Menyadari kondisi masa kini yang dihadapi dunia pendidikan,HernaWati  terus dan terus memotivasi supaya Guru guru di SMK Negeri (3) palembang, terus mendidik siswa siswinya lebih giat lagi.artinya  tak hanya mumpuni dalam bidang pengetahuan, tetapi juga agama, etika, dan keterampilan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.