Tim Asesor BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan di IAIN Curup.



Rejang Lebong RI News- Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan asesmen lapangan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhadap perguruan tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup dalam rangka pelaksanaan akreditasi institusi Perguruan Tinggi IAIN Curup Tahun 2019. Kehadiran tim merupakan tindak lanjut pengajuan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Jum'at 15/3.


Asesmen lapangan dilaksanakan di gedung Aula rektorat IAIN Curup, dan yang bertindak sebagai asesor adalah Prof. Achmad Jainuri. MA.,Ph.D., prof.Dr. Anna Permana Sari. M. Si. Dr. Drs. Pramono Hari Adi. M.S., dan Dr. Drs. Shodiq Abdullah. M. Ag. Bersama Rektor serta Pimpinan IAIN, serta pengurus dan tenaga pengajar IAIN Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.


Tujuan akreditasi asesmen lapangan dilaksanakan adalah menentukan standar mutu dan penilaian IAIN Curup. “Karena akreditasi adalah upaya untuk menstandardisasi dan menjamin mutu lembaga secara keseluruhan,”

Akreditasi intitusi merupakan sebuah keharusan bagi setiap penyelenggaraan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Pada beberapa tahun sebelumnya, hanya prodi yang diakreditasi, tetapi sekarang institusi juga diakreditasi.


Pada masa visitasi tim asesor BAN-PT ini, Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag., M.Pd., Rektor IAIN, mengatakan tim asesor yang didelegasikan BAN-PT bertugas melakukan asesmen lapangan yang meliputi meneliti visi dari borang yang diajukan pihak IAIN. Dan Asesor akan melakukan evaluasi dan verifikasi data, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.

Tim Asesor mencocokkan hal-hal yang tertuang dalam borang sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Hasil laporan akan menjadi pertimbangan bagi BAN-PT untuk menilai akreditasi institusi.  jelas Rahmad

Ia juga berharap Kepada seluruh jajaran yang diassesment untuk bekerjasama dengan baik, sesuai dengan slogan kita, BERSAMA KITA BISA,”  dengan bisa menaikkan kepercayaan dari masyarakat sebagai pengguna dan sebagai market di IAIN Curup, dari salah satu program yang dilakukan adalah program akreditasi dengan harapan akreditasi yang maksimal dan saling bahu-membahu bersama-sama meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada IAIN Curup.

Sehingga dapat terbuka, membuka akses di dunia pendidikan pada generasi pemuda penerus bangsa di wilayah sekitar IAIN Curup. Apalagi secara geografis, IAIN Curup memiliki letak yang cukup strategis sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri, karena IAIN Curup dapat diibaratkan penyangga dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Lubuk Linggau dan Kabupaten Lebong.

Dan harapan untuk kedepannya ia mengatakan akan meningkatkan lagi Akreditasi IAIN Curup lebih baik lagi dari yang sekarang. Dari akreditasi C setidaknya menjadi Akreditasi di atas C.  Tegas Rahmad Hidayat.








Jurnalis : Amir Hamzah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.