Pelatihan Dan Bimbingan Teknis Pengawas Pemilu se- kecamatan Curup


Rejang Lebong RINews- Acara Pelatihan Dan Bimbingan Teknis pengawas pemilu se- kecamatan curup di laksanakan di gedung serba guna NU jl. S. Sukowati Curup Kabupaten Rejang lebong. Minggu, (24/2/2019) pukul 14:30 - 23:15 Wib.

Acara dihadiri oleh sepuluh orang dari sekretariat PANWASLU Kecamatan Curup yang di ketuai oleh Bapak Aprildo dan sembilan orang PANWASLU dari kelurahan / PKD.


Serta dihadiri tiga narasumber Dewan Komisioner dari BAWASLU Kabupaten Rejang Lebong.
  • Bapak Dodi Hendra Supiarso. SE. Sebagai Koordiv Sumber Daya Manusia, Organisasi, Data  Informasi.
  • Yuli Maria, SH, Sebagai Koordiv Hukum, Penindakan Pelanggaran Dan Sengketa, 
  • Novry Iranas, SE, Sebagai Koordiv Pengawasan, Hubungan Masyarakat Antar Lembaga.

laporan Kegiatan Disampaikan Oleh Kepala Sekretariat PANWASLU Kecamatan Curup
SUTAN. A, S.Sos.
Pembahasan Pelatihan Dan Bimbingan Teknis Pengawas Pemilu se- kecamatan Curup Terkait tentang Pengawasan persiapan pelaksanaan dan penyelenggaraan pemilu april 2019,

Ketua PANWASLU Kecamatan Curup
 Kabupaten Rejang Lebong.
Aprildo
Acara dibuka secara resmi oleh Aprildo Selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong. Dan ia juga menjelaskan kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Pengawas pemilu se-kecamatan curup, dan dalam rangka menghadapi tahapan pemilu dan tantangan yg akan dihadapi kedepannya, khususnya dalam pengawasan tahapan kampanye rapat umum dan pengawasan pungut hitung.

Dan ia juga berharap demi tercapainya tujuan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, ia menghimbaukan kepada  anggota Panwaslu se-Kecamatan Curup agar dapat melaksanakan tugas nya masing-masing dengan sebaik mungkin. Tegas Aprildo.

Ketua BAWASLU Kabupaten Rejang Lebong
Dodi Hendra Supiarso. SE.
Ia menghimbau kepada para anggota PANWASLU agar lebih meningkatkan kesiapan dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap rangkaian penyelenggaraan pemilu dari setiap tahapan dan tingkatan, yang diatur secara eksplisit dalam PERBAWASLU No. 28 Tahun 2018, demi mensukseskan pemilu di April 2019.

Dan memastikan setiap warga negara di semua lapisan dapat menggunakan hak politiknya / hak pilihnya, sesuai dengan perundang -undangan dan peraturan yg berlaku. Serta memastikan Pihak penyelenggara (KPU ) dan Peserta  Pemilu tidak melanggar aturan Pemilu yang di atur dalam PKPU No.03 Tahun 2019.

Serta Ia menambahkan bahwa tupoksi BAWASLU " bukan pada hasil, tapi pada proses." Oleh karena itu untuk memastikan proses penyelenggaraan pemilu berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Peran pengawasan partisipatif juga berdampak besar dalam proses pengawasan, khususnya proses pungut hitung, dengan banyak nya orang yg hadir, melihat, mendengar, semakin sulit pihak-pihak yg akan melakukan kecurangan. Ujar Dodi





Jurnalis : Amir Hamzah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.