BPKP Gelar Workshop Siskeudes Syarif Hidayat "Hati hati dengan Dana Desa"



Muratara-RI NEWS- Dalam rangkamengawasi penggunaan dana desa, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera selatan  menggelar Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.0 terhadap aparatur desa se-Kabupaten Musi Rawas Utara di Aula RM Siti Rahma Rupit.22/01.

Kegiatan workshop yang dibuka langsung oleh Bapak Bupati Musi Rawas Utara HM Syarif Hidayat dihadiri oleh BPK P Sumatera Selatan Hafis tohir DPR RI komisi 8,Dandim 0406,kejaksaan negeri lubuk linggau,pejabat eselon II serta seluruh Kepala Desa dan sekretaris desa sekabupaten Musi rawas Utara.


HM Syarif Hidayat menyampaikan dalam pidatonya aplikasi Siskeudes ini sebagai alat pengawasan internal Kementerian Desa terhadap seluruh pemerintah desa di Muratara dalam pengelolaan keuangan dan dana desa.

Selain sebagai alat pengawasan dana desa Syarif menuturkan hadirnya aplikasi Siskeudes ini untuk menciptakan kemasyarakatan yang baik terhadap desa sesuai karakter desa.

 “Melalui aplikasi Siskeudes ini, kita bisa langsung mengetahui bentuk penyimpangan dana desa yang terjadi. Misalnya penggunaan dana desa tidak sesuai prioritas, prosentase tenaga kerjanya kurang. Walaupun ini bukan suatu kesalahan. Tapi melalui sistem ini Kementrian Desa dapat melakukan pengawasan agar dana desa dapat dimanfaatkan sesuai karakter dan kebutuhan masyarakat dalam rangka terciptanya kemasyarakatan yang baik,” tutur ia.

Orang nomor satu di Bumi berselang serundingan ini mengingatkan kepada Kades agar berhati hati dalam menggunakan Dana Desa.

"Saya selalu mengingatkan  kepada seluruh kepala Desa jangan main main dengan dana Desa,Ada BPKP,KPK,Kejaksaan,Polisi,Masyarakat.dan terakhir kita di awasi oleh tuhan yang maha kuasa yang hati hati dengan Dana Desa ini."tegas nya.(zm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.