Kecamatan Kinal Kaur Demo






Kaur-RI NEWS- selasa 27/11/18 warga kecamatan kinal dan sekitarnya di kabupaten kaur melakukan demonstrasi di DPRD kaur, puluhan masa tersebut mendatangi gedung DPRD untuk menagih janji kepada perusahaan kebun sawit PT desaria mining plastition, mereka menagih lahan kebun plasma dan kompesasi yang belum di bayar oleh pihak perusahaan.
"Kami datang kesini(dprd) dengan damai tanpa anarkis, karna sampai saat ini kegiatan plasma baru sebatas land clearing dan sampai saat ini tidak adalagi kegiatan oleh perusahaan,"ujar saprudin yang merupakan perwakilan warga kinal dan juga calon petani plasma.
Dalam kesempatan tersebut, NANDAR MUNADI m.si, menjelaskan di bulan juli sebenarnya pernah duduk bersama dan ada kesepakatan bersama saat itu, saya minta pihak perusahaan ada kejelasan dan kepastian, masalah kompesasi harus di selesaikan, ia juga meminta pihak perusahaan harus menyelesaikan hak-hak petani ujar sekda.
Kapolres kaur, AKBP arief hidayat s.ik juga memberikan saran agar pihak perusahan bisa merealisasikan hak dari masyarakat dan meminta setiap rapat penting seharusnya yang hadir adalah orang yang mengambil keputusan  kata kapolres kaur.
Pihak perusahaan yang di wakili simaljon sebagai estate manejer menjelaskan,lahan 1093 hektar yang sudah di tanami dan di verivikasi sesuai dengan kesepakatan bulan juli 2016 di mana sebanyak 415 hektar menjadi lahan petani plasma, kami dari perusahaan meminta maaf belom bisa memberikan janji tentang kompensasi untuk 11 bulan, paling lambat 20 desember 2018 bisa terelisasi.
Dalam hearing ini hadir kapolres kaur, sekda, kepala dinas pertanian,kepala bpn, kepala satpol pp, kepala kesbangpol, kepala dinas lingkungan hidup, camat kinal dan 5 perwakilan masyarakat.(andi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.